-->

Cara Membuat Antena TV Sederhana Gambar Jernih Chanel Banyak

- Desember 16, 2017
Dalam Dunia elektronika ide kreatif akan selalu muncul, seperti hal yang satu ini kita bisa membuat antena TV sendiri dengan biaya yang cukup murah, terjangkau namun kualitas nya cukup bagus dan hasil yang luar biasa.

Dengan bahan yang mudah kita dapatkan di pasaran dan dengan harga yang murah meriah kita pun sudah bisa memiliki antena TV rakitan sendiri, dengan kualitas dan hasil yang luar biasa bahkan terkadang lebih bagus dari antena TV yang di jual di pasaran yang kita gunakan untuk TV kita.

Dalam pembuatan antena TV sederhana ini bukan di lihat atau di nilai dari segi ekonomi saja namun terlebih dari itu semua kita mampu ber kreasi dan lebih kreatif dari hasil jerih tangan kita sendiri.


Tentunya itu juga akan menjadikan nilai dan makna tersendiri untuk kita saat proses pembuatan antena TV sederhana ini, apalagi jika kita telah melihat hasil yang cukup bagus maka kita pun akan semakin merasa puas atas karya kita sendiri.

Cara Membuat Antena TV Sederhana Gambar Jernih Tanpa Semut - www.divaiz.com
Cara Membuat Antena TV Sederhana Gambar Jernih Tanpa Semut.

Lalu apa keuntungan kita membuat antena TV sederhana ini ?


Keuntungan kita membuat antena TV sederhana ini yang pertama adalah biaya yang cukup murah dan terjangkau jadi kita tidak perlu buang-buang uang atau mengeluarkan biaya mahal hanya untuk sebuah antena TV.

Yang ke dua kita bisa mengatur besar kecil nya antena atau dimensi antena TV sederhana ini, apabila kamar atau ruang kita kecil maka kita bisa menyesuaikan dan membuat antena TV sederhana ini dengan dimensi yang tidak terlalu besar.

Namun apabila kita memiliki ruang yang cukup besar maka kita bisa membuat antena TV sederhana ini dengan ukuran atau dimensi yang lebih besar agar daya tangkap dari antena TV sederhana ini semakin bagus dan mantap, karena pada dasar nya semakin besar ukuran reflektor antena TV sederhana ini maka daya tangkap frekuensi nya semakin besar dan bagus.

Keuntungan ke tiga antena TV sederhana yang kita buat akan lebih tahan lama dan tidak mudah berkarat karena bahan yang kita gunakan adalah bahan aluminium, selain itu kita bisa memilih sendiri bahan pendukung untuk membuat antena TV sederhana ini sehingga kita bisa membuat nya dengan bagus dan tahan lama bukan seperti yang di jual di toko terkadang dari bahan plastik yang mudah rusak atau melapuk.

Bahan – bahan untuk membuat antena TV sederhana.



Antena TV sederhana ini sudah teruji dan terbukti dari admin sendiri dan dari beberapa rekan telah membuktikan antena TV sederhana ini menghasilkan kualitas gambar yang jernih, bagus, dan tanpa semut.
Jika Anda ingin membuat antena TV sederhana ini sendiri maka berikut adalah bahan-bahan yang harus kita persiapkan:
  • Plat Aluminium ukuran 1 meter atau secukupnya, biasanya kita bisa mendapat kan plat Aluminium ini di toko bangunan.
  • Kabel antena TV dan juga konektor antena TV, kita bisa mendapatkan di toko elektronik.
  • Baut dan paku secukupnya.
  • Gunting seng, obeng, dan tang.

Cara dan langkah-langkah membuat antena TV sederhana.


Langkah awal yang harus kita lakukan adalah potong plat Aluminium berbentuk persegi panjang dengan ukuran 50 cm X 35 cm yang akan kita buat sebagai penutup antena TV sederhana, sementara sisa plat kita potong dengan bentuk dan ukuran seperti berikut ini.
Cara membuat antena TV sederhana - www.divaiz.com


Apabila semua plat Aluminium sudah di potong sesuai ukuran masing-masing maka selanjutnya rangkai plat Aluminium tersebut seperti nampak berikut ini.



Cara membuat antena TV sederhana 2 - www.divaiz.com

Sementara pada bagian tuas atau inti antena antara palt Aluminium 1 dan plat Aluminium 2 disambung kan dengan kabel antena yang nantinya di hubungkan ke konektor antena TV. Untuk jarak dan penyambungan kabel seperti nampak berikut ini.
Cara membuat antena TV sederhana 3 - www.divaiz.com

Rangkai semua plat Aluminium menggunakan baut dan pasang dengan kencang agar plat Aluminium antena TV sederhana tersebut tidak geser atau berubah posisi dan apabila semua sudah selesai di rangkai maka kurang lebih akan nampak seperti berikut.

Cara membuat antena TV sederhana 4 - www.divaiz.com

Setelah antena TV sederhana sudah jadi periksa kembali dan pastikan semua plat Aluminium menempel dengan kuat dan kencang agar plat Aluminium tersebut kuat terhadap hembusan angin.

Apabila antena TV sederhana tersebut di pasang di luar rumah, periksa juga untuk kabel antena menempel atau tersambung dengan plat Aluminium dengan rapat dan kencang.

Apabila ingin menambah perangkat tambahan atau booster maka posisi yang paling tepat adalah letak booster dekat dengan antena TV sederhana atau kurang lebih 1/2 sampai 1 meter dari antena TV sederhana tersebut.

Demikian cara membuat antena TV sederhana sendiri atau cara merakit antena TV sederhana semoga bisa menambah wawasan kita akan Dunia elektronik dan terlebih lagi semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

 Sumber: https://www.divaiz.com/cara-membuat-antena-tv-sederhana-gambar-jernih-tanpa-semut/
Advertisement

7 komentar

avatar

Kabelnya kok ada 2 padahal setahu saya kabel antenna tv ada satu dalamnya, jenis kabel apa yg digunakan yaa bos??

avatar

yang satu itu serabut kabelnya..

avatar

@unknown: Itu kabel coaksial/ kabel khusus antena..

avatar

@Hardi permana: kabel antena itu ada dua di dalamnya satu serabut (yang luar) yang dalam nya tunggal, yang tunggal buat grid/sinyal dan yang serabutnya buat ground..

avatar

https://m.youtube.com/watch?v=VQY7L-qho4k

tonton video pembuatan antena HD dari barang bekas, pasti nggak nyesel, jangan lupa subscribe ya. terima kasih


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search