-->

Tutorial Membuat Rangkaian Sirkuit Alarm Pintu Magnetik Menggunakan Sensor Hall

- Desember 15, 2017
Gambar:Google
Alarm pintu adalah alat yang sangat umum dan berguna untuk tujuan keamanan. Mereka digunakan untuk mendeteksi apakah Pintu terbuka atau tertutup. Seringkali kita telah melihat beberapa alarm pintu di kulkas yang menghasilkan suara yang berbeda saat mereka mengaktifkannya. Proyek Alarm Pintu sangat populer di kalangan mahasiswa dan penggemar Elektronika. Kami juga telah membangun banyak alarm berdasarkan berbagai teknologi:
Kali ini kami telah memutuskan untuk membuat Alarm Pintu dengan menggunakan Hall Effect Sensor dan 555 timer IC.   
Komponen yang dibutuhkan:
  1. 555 IC Timer     
  2. Bel     
  3. Dewan Roti     
  4. Resistor 1K -4     
  5. Resistor 10K     
  6. 50k POT     
  7. LED     
  8. Kapasitor 10uF    
  9.  Kawat jumper     
  10. Baterai atau suplai 9V     
  11. Regulator Tegangan LM7805    
  12.  Transistor BC547     
  13. Sensor Magnet Effect 3144 Hall Effect 
Hall Effect Sensor: 
Sensor Hall adalah alat yang dapat mendeteksi keberadaan magnet berdasarkan polaritasnya. Ini adalah transduser yang menghasilkan sinyal sesuai medan magnet yang ada di sekitarnya. Disini kita telah menggunakan Sensor Efek Hall 3144 yang memiliki jangkauan sekitar 2cm. 

Gambar:Google
Seperti namanya, Hall Effect sensor bekerja dengan prinsip "efek Hall". Menurut undang-undang ini "ketika sebuah konduktor atau semikonduktor dengan arus yang mengalir dalam satu arah diperkenalkan tegak lurus terhadap medan magnet, sebuah voltase dapat diukur pada sudut kanan ke jalur arus". Dengan menggunakan teknik ini, sensor hall akan bisa mendeteksi keberadaan magnet disekitarnya. Kami sebelumnya memiliki sensor Hall Interfaced dengan Arduino dan membuat beberapa proyek menggunakan sensor Hall. 

Gambar:Google
Diagram Sirkuit dan Penjelasan:

Di sirkuit Alarm Pintu Magnetik ini, kita telah menggunakan IC timer 555 dalam mode astabil untuk menghasilkan nada sebagai alarm; Frekuensi nada dapat disesuaikan dengan menggunakan potensiometer RV1 terlampir. Di sini kita telah menghubungkan resistor 1k (R1) antara Vcc dan pin 7 dari 555 Timer (U2) dan resistor 1k (R4) & Pot 50k (RV1) di antara pin 7 dan 6. Pin 2 disingkat dengan pin 6 dan 10uf C1 Kapasitor dihubungkan ke pin 2 berkenaan dengan ground. Pin 1 terhubung ke ground dan pin 4 terhubung langsung ke VCC dan pin 8 juga dengan menggunakan transistor. A Hall Effect Sensor atau sensor magnet digunakan untuk mendeteksi apakah pintu terbuka dan tertutup. Outputnya terhubung ke basis transistor BC547 yang bertanggung jawab untuk memberikan jalan ke pewaktu IC 555. Bel dan LED terhubung pada Pin 3 dari 555 untuk indikasi alarm. Akhirnya, kita telah menghubungkan Baterai 9v untuk menyalakan sirkuit.

Gambar:Google
Bekerja Penjelasan: 
Bekerja pada Alarm Pintu Magnetik ini rumit. Di sini kita telah membuat multi-vibrator astre 555 untuk menghasilkan sinyal alarm seperti yang telah kita sebutkan. Tapi kita mengendalikan vaskrator multi-vibrator astabil ini dengan menggunakan Hall Sensor U3 melalui transistor NPN Q1 BC547.
Saat kita meletakkan tokoh besar di dekat Hall Sensor maka sensor hall merasakan medan magnet dan menghasilkan sinyal rendah sebagai keluaran. Output ini masuk ke dasar transistor. Karena sinyal rendah, transistor tetap dimatikan dan power tidak dipasok ke 555 timer IC dan buzzer tetap diam dengan LED dimatikan.

Gambar:Google


Sekarang ketika kita mengambil tokoh besar jauh dari sensor hall maka sensor hall menghasilkan sinyal High yang menuju ke basis transistor. Karena transistor sinyal tinggi akan dihidupkan dan membuat jalan untuk pasokan multi-vibrator yang astabil. Dan ketika astabil multi-vibrator memiliki pasokan maka ia mulai bekerja dan menghasilkan nada alarm dan LED berkedip juga. Pengguna dapat mengubah frekuensi nada dengan memindahkan potensiometer RV1. 
Jadi sekarang kita bisa melampirkan sirkuit ini di Door frame dan magnet di Door, sekarang saat pintu gerbang tertutup magnet (pintu) dan hall sensor (Door Frame) akan tetap dekat dan alarm akan tetap menyala. Kapan pun seseorang membuka pintu, magnet akan menjauh dari sensor Hall dan akan membuat aula sensor tinggi dan memicu LED dan alarm terhubung ke 555 IC.
     
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search