-->

Cara Membaca Nilai Kapasitor?

- Desember 16, 2017
Dalam tutorial sebelumnya, kita sudah melihat apa kapasitansi dan charge ?. Dalam tutorial ini kita akan belajar cara membaca nilai kapasitor ?. Untuk beberapa aplikasi, perlu diketahui nilai toleransi dan tegangan kapasitor beserta kapasitansinya. Semua parameter ini ditunjukkan pada bodi kapasitor. 

Berbagai jenis kapasitor memiliki cara yang berbeda untuk mewakili nilai kapasitansi. Kapasitor seperti kapasitor elektrolitik, kapasitor non-polarisasi, kapasitor kertas ac oil yang besar memiliki kapasitansi dan voltase, nilai toleransi yang tertulis di tubuhnya menggunakan angka dan huruf. Beberapa kapasitor memiliki nilai yang ditunjukkan menggunakan kode warna. Mari kita lihat bagaimana membaca nilai kapasitansi pada dua metode ini.

Bagaimana membaca nilai kapasitor yang ditulis pada kapasitor ?? 


Mari kita lihat bagaimana membaca nilai kapasitor dengan angka dan huruf. Seiring dengan kapasitansi nilai lain seperti toleransi dan voltase ditulis pada kapasitor itu sendiri jika ada cukup ruang. Tapi untuk kapasitor kecil seperti kapasitor keramik, karena ruangnya tidak cukup, nilai kapasitor diwakili dengan notasi steno. 

Membaca nilai kapasitor pada kapasitor besar (kapasitor silindris) 

Untuk kapasitor besar, umumnya nilai kapasitor ditulis di sisi kapasitor.

  •  Gambar di atas menunjukkan kapasitor farad 22 mikro. Nilai kapasitansi dinyatakan dalam Farads (F atau FD).     
  • Berikut adalah unit yang digunakan untuk mewakili nilai kapasitor. Micro farad (uf, μf, mF (or) MF), Nano farad (nF), Pico farad (pF).


  • Rating voltase pada kapasitor menunjukkan nilai tegangan maksimum yang dapat ditangani kapasitor. Tegangan voltase pada kapasitor ditunjukkan oleh V, VDC, dan VDCW. 
  • VAC mewakili kapasitor yang dirancang untuk rangkaian AC. 
  • Perlu dicatat bahwa kapasitor rating DC tidak boleh digunakan untuk AC kecuali Anda memiliki pengetahuan yang tepat untuk menggunakan kapasitor itu. Beberapa kapasitor memiliki tegangan yang terwakili dalam kode dan bukan nilai. 
  • Nilai toleransi ditunjukkan dengan menggunakan simbol% ​​sebelum nomor. Nilai toleransi mewakili variasi nilai kapasitansi.
 
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search